makalah perusahan



BAB I
PENDAHULUAN

            1. Latar Belakang
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
Untuk menghasilkan barang siap konsumsi, perusahaan memerlukan bahan – bahan dan faktor pendukung lainnya, seperti bahan baku, bahan pembantu, peralatan dan tenaga kerja. Untuk memperoleh bahan baku dan bahan pembantu serta tenaga kerja dikeluarkan sejumlah biaya yang disebut biaya produksi.

Hasil dari kegiatan produksi adalah barang atau jasa, barang atau jasa inilah yang akan dijual untuk memperoleh kembali biaya yang dikeluarkan. Jika hasil penjualan barang atau jasa lebih besar dari biaya yang dikeluarkan maka perusahaan tersebut memperoleh keuntungan dan sebalik jika hasil jumlah hasil penjualan barang atau jasa lebih kecil dari jumlah biaya yang dikeluarkan maka perusaahaan tersebut akan mengalami kerugian. Dengan demikian dalam menghasilkan barang perusahaan menggabungkan beberapa faktor produksi untuk mencapi tujuan yaitu keuntungan.

Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.


            2. Rumusan Masalah
           Berdasarkan latar belakang tersebut, adapun rumusan masalah sebagai berikut :
      A. Pengertian Lingkungan perusahaan ?
      B. Apa yang dimaksud dengan lingkungan Internal Perusahaan ?
C. Apa yang dimaksud dengan lingkungan Eksternal Perusahaan ?
D. Apa tujuan Analisis Lingkungan Perusahaan ?












BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian Lingkungan Perusahaan
Perusahaan atau organisasi yang didalamnya terdapat kumpulan dari orang-orang tidak dapat dilepaskan dari lingkungan, karena pada dasarnya perusahaan atau organisasi juga merupakan bagian dari lingkungan dan masyarakat. Sebagai contoh, sebuah keluarga atau rumah merupakan bagian dari lingkungan rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), hingga lingkungan yang lebih besar lagi. Sebuah perusahaan atau organisasi bisnis yang beroperasi di sebuah lingkungan tidak dapat menafikkan bahwa selain kegiatan bisnis yang dikelolanya, perusahaan tersebut juga terlibat dengan lingkungan di seputar perusahaan tersebut. Oleh karena itu, sebuah organisasi atau perusahaan perlu memahami lingkungan apa saja yang terkait secara langsung maupun tidak langusng dengan kegiatan perusahaan.

2. Lingkungan Internal Perusahaan
            Yang dimaksud dengan lingkungan internal perusahaan adalah berbagai hal atau berbagai pihak yang terkait langsung dengan kegiatan sehari-hari dalam perusahaan, dan mempengaruhi langsung terhadap setiap program, kebijakan dan lain-lain dalam perusahaan. Yang termasuk dalam lingkungan internal perusahaan yaitu :
A. Pemilik (owner)
            Pemilik adalah mereka yang secara historis maupun hukum dinyatakan sebagai pemilik akibat adanya penyertaan modal, ide, ataupun berdasarkan ketentuan lainnya dinyatakan sebagai pemilik perusahaan.
B. Tim Manajemen (Board of managers or directors)
            Tim Manajemen adalah orang-orang yang menurut para pemilik organisasi atau perusahaan dinyatakan atau ditunjuk sebagai pengelola perusahaan dalam aktivitasnya sehari-hari untuk suatu periode tertentu.
C. Para Anggota atau Pekerja (Employes)
            Para pekerja atau para anggota adalah mereka yang sehari-hari bergelut dengan aktivitas operasional perusahaan dan menjalankan tugas-tugas keseharian perusahaan berdasarkan apa yang telah ditetapkan oleh tim manajemen perusahaan.
D. Lingkungan fisik perusahaan (Physical work environment)
            Lingkungan fisik perusahaan yaitu sumber daya perusahaan yang tidak hanya orang-orang, tetapi juga sumber daya uang, sumber daya alam maupun sumber daya informasi.

3. Lingkungan Eksternal Perusahaan
            Lingkungan Eksternal Perusahaan yaitu lingkungan yang terkait dengan kegiatan operasional perusahaan dan bagai mana kegiatan operasional dapat bertahan. Dalam kegiatan operasional, perusahaan berhadapan dan senantiasa berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan-lingkungan yang terkait langsung atau lingkungan mikro perusahaan dan lingkungan yang tidak terkait langsung dengan perusahaan atau lingkungan makro.
A. Lingkungan eksternal mikro
     1. Pelanggan (Customer)
            Pelanggan atau konsumen (customers) adalah mereka yang secara langsung memanfaatkan, mennggunakan, dan mengajukan permintaan atas barang atau jasa yang ditawarkan oleh organisasi.
     2. Pesaing (Competitor)
            Pesaing adalah perusahaan lain yang menjalankan usaha yang sama seperti yang kita jalankan. Karena bisnis yang dijalankan sama, maka pesaing merupakan tantangan (sekaligus ancaman) yang dihadapi perusahaan dlam meraih pelanggan.
     3. Pemasok (Supplier)
            Pemasok adalah pihak yang terkait langsung dalam kegiatan bisnis dari sebuah perusahaan, khususnya perusahaan bisnis yang melakukan kegiatan produksi barang jadi dari berbagai jenis bahan baku.
     4. Partner Strategis (Strategic partner)
            Partner strategic adalah perusahaan lain yang menjalankan bisnis berbeda dengan perusahaan kita, tetapi secara bersama-sama bisa menjadi mitra kita dalam menjalankan bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak (kerjasama).
B. Lingkungan Eksternal makro
            Lingkungan Eksternal makro terbagi menjadi dua yaitu lingkungan lokal dan lingkungan internasional.
     1. Lingkungan lokal
a. Regulator
            Regulator adlah pihak-pihak yang berkepentingan dalam menciptakan keadaan dan kegiatan bisnis yang fair dan aman bagi semua pihak yang ingin menjalnkan bisnis. Agar keadaan tersebut dapat terwujud, maka perlu dibuat aturan-aturan main yang dapat disepakati oleh semua pihak di masyarakat dan secara konsisten dijalankan pula oleh semua pihak dimasyarakat tersebut.
b. pemerintah (government)
            pemerintah adalah pihak yang memberikan suatu kebijakan atau aturan-aturan tertentu bagi perusahaan.
c. Masyarakat umum (society)
            Masyarakat umum adalah kesulurahan pihak yang tidak termasuk dalam lingkungan-lingkungan yang telah disebutkan diatas.
     2. Lingkungan Internasional
            Lingkungsn internasional merupakan lingkungan yang lebih luas dari sebuah negara yang pada praktiknya akan mempengaruhi kegiatan perusahaan, terutama jika perusahaan melakukan kegiatan bisnis internasional, yaitu transaksi bisnis yang melibatkan lebih dari satu negara. Lingkungan internasional ini dapat menjadi peluang sekaligus tantangan atau ancaman bagi kegiatan perusahaan. Bentuk-bentuk kegiatan bisnis internasional seperti Kegiatan ekspor-impor, Lisensi, partner strategis, investasi langsung dan lain-lain.

4. Tujuan Analisis Lingkungan perusahaan
            Tujuan Analisis lingkungan adalah Untuk menilai lingkungan perusahaan secara keseluruhan faktor-faktor yang berada di luar maupun di dalam perusahaan yang dapat mempengaruhi kemajuan perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Berikut ini adalah contoh tujuan analisis lingkungan dari beberapa  perusahaan :
A. Agar pembuat strategi dapat mengantisipasi setiap kesempatan dan membantu mengembangkan sistem pemecahan sedini mungkin terhadap faktor-faktor lingkungan yang dianggap mengancam tujuan perusahaan (early warning systems).
B. Untuk dapat mengefektifkan proses manajemen strategi, karena dengan melakukan analisis lingkungan yang akan diperoleh lebih efektif.
C. Untuk membantu manajer dalam meramalkan dampak lingkungan bisnis terhadap perkembangan perusahaan. Terkumpulnya berbagai informasi dari lingkungan memudahkan untuk membuat perencanaan jangka panjang.
Proses analisis lingkungan dilakukan oleh perencanaan strategi dengan urutan sebagai berikut :
Pertama : menganalisis hubungan antara strategi perusahaan dan tanggapan terhadap lingkungan, yang dapat dipakai sebagai landasan untuk membandingkan strategi yang sedang berjalan dengan strategi yang potensial yang akan datang.
Kedua : menganalisis kecenderungan faktor dan masalah utama yang diperkirakan mempunyai dampak penting terhadap perumusan strategi.
Ketiga : mencoba meramalkan kemungkinan yang akan terjadi pada masa yang akan datang terhadap lingkungan bisnis.
Komponen-komponen Analisis Lingkungan perusahaan adalah sebagai berikut :
a. Scanning : mengidentifikasi petunjuk awal dari perubahan dan kecenderungan lingkungan bisnis.
b. Monitoring : mendeteksi arti melalui observasi terus-menerus atas perubahan dan kecenderungan lingkungan bisnis.
c. Forcasting : Mengembangkan proyeksi atas hasil yang diantisispasi berdasarkan perubahan dan kecenderungan yang dimonitor.
d. Assesing : Menentukan waktu dan pentingnya perubahan dan kecenderungan lingkungan bisnis untuk strategi perusahaan dan manajemennya.











BAB III PENUTUP
1. Kesimpulan
            Perusahaan atau organisasi yang didalamnya terdapat kumpulan dari orang-orang tidak dapat dilepaskan dari lingkungan, karena pada dasarnya perusahaan atau organisasi juga merupakan bagian dari lingkungan dan masyarakat.
            lingkungan internal perusahaan adalah berbagai hal atau berbagai pihak yang terkait langsung dengan kegiatan sehari-hari dalam perusahaan, dan mempengaruhi langsung terhadap setiap program, kebijakan dan lain-lain dalam perusahaan.
            Lingkungan Eksternal Perusahaan yaitu lingkungan yang terkait dengan kegiatan operasional perusahaan dan bagai mana kegiatan operasional dapat bertahan.
            Analisis lingkungan adalah Untuk menilai lingkungan perusahaan secara keseluruhan faktor-faktor yang berada di luar maupun di dalam perusahaan yang dapat mempengaruhi kemajuan perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "makalah perusahan "

Posting Komentar

Chat Room

Kamu bisa chat bareng Admin di sini dengan Messenger,
Terima kasih.

Chat on Messenger